ilmu service hp

Setelah sebelumnya diulas tentang perangkat HP, berikut ini saya kembali menyampaikan ulasan berikutnya tentang Ilmu Service HP.

Kenapa harus tahu ilmu service HP?

Jawabnya sederhana: Ilmu service diperlukan untuk mempermudah proses menyelesaikan service kerusakan HP. Sehingga dalam proses servicenya, seorang teknisi yang sudah memiliki ilmu service tentu akan lebih terarah dalam proses service HP. Dengan kata lain service Hpnya memakai dasar-dasar teknis bukan sekedar mengandalkan coba-coba atau try and error saja.

Pertanyaan berikutnya: apa saja yang termasuk ilmu service HP?
Jawabannya lebih spesifik lagi: banyak sekali ilmu yang dibutuhkan untuk menjadi teknisi yang handal.
Tetapi anda tidak perlu bingung, berikut ini saya akan sampaikan ringkasan ilmu utama yang dibutuhkan untuk bisa service HP,anda harus mengetahui:
- System Kerja Handphone
- Pembagian Block Hardware HP
- Fungsi berbagai komponen HP termasuk IC (Integrated Circuit)
- Gejala kerusakan komponen HP
- Jenis –jenis Alat service hardware dan Software
- Berbagai Penyebab Kerusakan HP
- Uraian Ciri-Ciri, Akibat Kerusakan serta Langkah-Langkah Service HP
- Bongkar Pasang Cassing HP
- Schematic Diagram / Skema Jalur
- Cara Solder komponen

Ilmu lanjutan lainnya yang dibutuhkan untuk mempermudah proses service HP antara lain:
- Service Manual
- Trik Jumper
- Upgrade Firmware
- Flashing
- Trik Pengecekan HP Mati Total / Matot dengan Power Supply
- Cek Tegangan HP misalnya untuk kerusakan HP Matot
- Bongkar Pasang IC/Reball
- Software tools
- Troubleshooting seperti: contact Retailer, No Charging, dll
- Menggunakan frequency Counter dan Oscilloscope
- Cara penggunaan Hot Blower
- Teknik Reblow
- dll


Setelah anda mempunyai ilmu service HP tersebut, hal yang tak kalah pentingnya adalah mempraktekkan ilmu tersebut. Tentu dengan memiliki panduan anda akan lebih terarah dalam praktek service HPnya.

Demikian,Semoga bermanfaat.
PA
Berikut ini Berbagai Kerusakan Handphone yang disebabkan karena IC (Integrated Circuit) antara lain No Sinyal, Hp tiba-tiba mati saat terima panggilan, hang bahkan mati total

Hal ini biasanya berhubungan dengan kondisi IC PA (Power Amplifier) .

Untuk cek kondisinya, lakukan tes sederhana: coba cek pulsa/ tlp sebentar di samping tv/layar computer (model tabung) maka jika gambar tv bergerak2 atau bila  tesnya disamping radio maka radio akan berdengung.

Hal ini berarti IC PA (Power Amplifier) masih berfungsi baik, tetapi bila kondisi sebaliknya maka kondisi IC PA sudah lemah/ rusak (harus ganti)


·         Battery kembung.
Lakukan tes sederhana: putar battery di tempat/meja datar, jika semakin cepat putarannya berarti fisik battery sudah kembung & rusak

·         Battery Boros
Jika saat Hp digunakan menelpon/menerima tlp kemudian Battery menjadi cepat habis (Boros), disertai dengan Panas yang berlebihan di battery maka ada kemungkinan sel Battery sudah Rusak.

Sebagai tambahan penyebab  battery cepat boros, bila panas berlebihan dirasakan juga di casing HP sekitar Antenna (biasanya bagian atas Hp) maka kemungkinan besar komponen IC PA sudah konslet/rusak juga

·         LCD tampak bergaris/bercak
Lakukan tes sederhana: tekan tanda # hingga memenuhi layar HP (LCD), jika tampak ada  garis/bercak  berarti LCD rusak dan sebaiknya diganti


·         hp sering hang
Hapus beberapa gambar/lagu/file lainnya agar HP anda memiliki memory yang cukup. Pastikan free memory HP setidaknya 80% dari total memory yg tersedia.

·         Suara lawan bicara tidak terdengar, tetapi saat memakai handsfree suara lawan bicara bisa didengar.
Maka kemungkinan komponen earphonenya rusak atau mungkin juga jalur PWB dari earphone ke IC Audio putus

·         Sebaiknya tidak memegang hp di bagian antenna (terutama external) karena otomatis akan terjadi redaman sinyal (sinyal tidak maksimal) saat antena terkena tangan tersebut.

·         Jika mengganti charger: perhatikan di label output charger (meskipun tidak selalu output akan sama spt tercantum dilabelnya).

Tapi sebagai acuan: usahakan outputnya (…mA) sama dengan charger lama anda (Ori). Jika nilai outputnya dibawah charger lama maka waktu pengecesan hp akan lebih lama dan sebaliknya maka waktunya akan lebih cepat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

triwikrama adi laksana

Asma Nur Alif Pamumgkas